TABLE OF CONTENT

Domain Authority dan Page Authority adalah dua metrik yang sering digunakan dalam dunia SEO (Search Engine Optimization) untuk mengukur seberapa baik sebuah situs web atau halaman web dapat berperingkat di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Domain Authority (DA) adalah skor yang memprediksi seberapa baik sebuah domain atau subdomain dapat berperingkat di SERP. Skor DA berkisar dari 1 hingga 100, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik. DA dihitung berdasarkan beberapa faktor, seperti usia domain, popularitas domain, ukuran domain, dan web index

Page Authority (PA) adalah skor yang memprediksi seberapa baik sebuah halaman web tertentu dapat berperingkat di SERP. Skor PA juga berkisar dari 1 hingga 100, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik. PA dihitung berdasarkan beberapa faktor, seperti kualitas konten, relevansi kata kunci, jumlah backlink, dan web index.

Perbedaan antara DA dan PA adalah bahwa DA mengukur otoritas seluruh domain atau subdomain, sedangkan PA mengukur otoritas halaman web tertentu di dalam domain atau subdomain tersebut. Dengan kata lain, DA adalah gambaran umum tentang kualitas situs web, sedangkan PA adalah gambaran spesifik tentang kualitas halaman web.

Meningkatkan DA dan PA adalah salah satu tujuan utama dari SEO, karena keduanya dapat mempengaruhi peringkat situs web atau halaman web di SERP. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan DA dan PA, antara lain:

  • Membuat konten yang menarik, informatif, dan relevan dengan kata kunci yang ditargetkan.

  • Membangun link yang berkualitas, baik internal maupun eksternal. Link internal adalah link yang menghubungkan halaman web di dalam situs web yang sama, sedangkan link eksternal adalah link yang menghubungkan halaman web dengan situs web lain.

  • Mengoptimalkan situs web dengan praktik SEO yang baik, seperti memperbaiki kecepatan loading, mengurangi bounce rate, menghapus broken link, menggunakan HTTPS, dan lain-lain.

Untuk mengecek DA dan PA situs web atau halaman web, ada beberapa alat yang dapat digunakan, seperti MozBar, Link Explorer.

Semoga bermanfaat


Jika ada kesalahan penulisan, salah ketik, atau juga kurang tepat dalam penulisannya, beritahu kami melalui komentar atau jika berkenan untuk menghubungi kami melalui halaman contact.


Adhi Wijaya avatar

Bukan blogger tapi ngeblog, bukan programmer tapi suka utak-atik koding.

Support Me
Comment: