Langsung saja gaes, ini daftar yang semoga bisa membantu kamu-kamu yang merasa masih blogger pemula.

Belajar berburu keywords. #

Ini lumayan susah karena kalau terlalu tergantung sama tools keywords finder, termasuk bahkan yang premium, bakalan gagal. Karena di saat yang sama, Tribun, Katadata, Grid, PROMEDIA, STEKOM, dll mungkin juga pakai yang sama. Jadi temukan dulu niche yang pas dan eksplorasi di keywords itu. Buat 1 artikel pilar tentang keywords itu dan dukung dengan siraman 10 artikel pendukung lainnya yang juga mengandung keyword turunan. Nah, tentu berburu keywords utama, keywords turunan akan sia-sia kalau ga sinkron sama tujuan blog. Blog jualan tapi keywrods yang dipakai ga sesuai produk. Blog pengais adsense tapi keywordsnya tentang jualan. Ini kaya ikut lomba kicau mania tetapi ente pakai burung hantu.

Belajar nulis. #

Semua orang bisa nulis artikel. Beneran. Tapi nyusun logika yang bener, itu ga semua bisa. Harus rajin berlatih. Misal, mau pakai kata apa buat nyampein pikiran kita. Ejaan kata itu sudah bener atau enggak ya? Nah, makin banyak baca makin banyak tahu. Selain itu, jangan lupa dalam artikel tempatkan kata kunci yang sudah didapatkan.

Belajar GSC dan Analytic. #

Dua tools ini kaya toner sama serum. Hebat lagi kalo ditambah sama SEO tools kaya AHREF atau SEMRUSH. Ini kombo terbaik, toner + serum + moist. Pecinta skincare pasti paham. Emang sepenting itu? Iya, sepenting itu.

Oke itu dia list resolusi untuk tahun 2024 buat blogger pemula kayak saya. Kalau kamu merasa list diatas menarik dan bermanfaat, sokin contekin aja, semoga kamu juga bisa makin powerful.

Segini dulu, selamat Tahun Baru 2024. Buka pikiran, buka hati, buka dompet supaya kita siap menyambut berkat dan rejeki di tahun depan. Jangan lupa selalu berbuat baik. Jadi orang penting itu baik, tetapi lebih penting jadi orang baik. Salam moncrot!


Jika ada kesalahan penulisan, salah ketik, atau juga kurang tepat dalam penulisannya, beritahu kami melalui komentar atau jika berkenan untuk menghubungi kami melalui halaman contact.


Adhi Wijaya avatar

Bukan blogger tapi ngeblog, bukan programmer tapi suka utak-atik koding.

Support Me
Comment: