Suatu perusahaan ketika mendirikan basisnya di suatu masyarakat, maka perusahaan tersebut menjadi bagian dari masyarakat itu dan mengandalkan masyarakat tersebut sebagai pelanggan dan karyawannya. Perusahaan mendemonstrasikan acara-acara local atau memberikan sumbangan ke yayasan local, misalkan perusahaan yang telah mendonasikan dana ke universitas-universitas.

Dalam perusahaan multinasional masyarakat perusahaan adalah lingkungan internasionalnya. Ada banyak perusahaan yang terlibat dengan bisnis internasionalnya misalnya, sumbangan untuk bencana alam, seperti tsunami dan gempa.

Strategi Philantropy #

Kedermawanan perusahaan (corporate philanthtopy) bisa diartikan sebagai inisiatif perusahaan untuk terlibat dalam upaya-upaya perbaikan kehidupan social. Oada mulanya inisiatif ini lebih merupakan tindakan voluntir. Alasan kemanusiaan, implementasi ajaran altruism, dan bahkan argumentasi religious pada mulanya menjadi motivasi utama tindakan ini.

Sebagai sebuah tindakan kemanusiaan, corporate philanthropy, bagaimanapun layak dipuji dan harus terus-menerus dikembangkan.

Hanya saja, jangan sampai atas “arogansi” sudah memberikan sumbangsih luar biasa kepasa kehidupan social, perusahaan yang berderma merupakan upaya minimalisasi dampak negative operasinya.

Porter dan Krammer menyarankan lima langkah manajerial yang sebaiknya diambil dalam melakukan corporate philanthropy:

  1. memeriksa ulang competitive context kepentingan dan nilai‐nilai perusahaan di masing‐masing wilayah geografis.
  2. Melakukan review atas portfolio kegiatan dan program filantropi yang sudah berlangsung
  3. Melakukan penilaian atas resistensi
  4. Mencari opportunity untuk melakukan collective action di sebuah wilayah operasi bersama mitra lain
  5. Dengan penuh saksama melakukan jejak rekam (monitoring) dan mengevaluasi hasil.

Secara keseluruhan lima langkah di atas haruslah bermuara pada keseimbangan antara kontribusi social, ekonomi, dan lingkungan dengan tentunya ditempatkan dalam kerangka upaya manajemen untuk memaksimalkan dampak positif dan meminimumkan dampak negative kehadiran dan operasi perusahaan sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Keterlibatan Masyarakat Dalam Pelaksanaan CSR #

Wujud keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan CSR khususnya pada hasil dari program CSR itu sendiri juga merupakan faktor pendorong terwujudnya program CSR yang berkelanjutan (suistainable).

Wujud keterlibatan masyarakat ada dua tipe, yaitu:

  1. masyarakat sebagai salah satu pelaksana program CSR
  2. masyarakat sebagai pengelola hasil program CSR.

Keterlibatan masyarakat sebagai pelaksana program csr terlihat pada bentuk kerjasama perusahaan kepada pihak ketiga. Sedangkan keterlibatan masyarakat sebagai pengelola hasil program csr terlihat pada upaya pengembangan sarana dan prasarana yang diberikan pihak perusahaan kepada masyarakat yang selanjutnya masyarakat kelola untuk kepantingan masyarakat itu sendiri.

Tinjauan Konsep Community Development #

Secara umum community development dapat didefinisikan sebagai kegiatan pengembangan masyarakat yang diarahkan untuk memperbesar akses masyarakat untuk mencapai kondisi sosial-ekonomi-budaya yang lebih baik apabila dibandingkan dengan sebelum adanya kegiatan pembangunan. Sehingga masyarakat di tempat tersebut diharapkan menjadi lebih mandiri dengan kualitas kehidupan dan kesejahteraan yang lebih baik.

Program community development memiliki tiga karakter utama, yaitu:

  1. berbasis masyarakat (community based)
  2. berbasis sumber daya setempat (local resource based)
  3. berkelanjutan (suistainable)

Tiga alasan penting mengapa perusahaan melakukan kegiatan community development, antara lain adalah:

  1. izin local untuk beroperasinya perusahaan dalam mengembangkan hubungan dengan masyarakat local.
  2. Mengetahui social budaya masyarakat local
  3. Mengatur dan menciptakan strategi ke depan melalui program community development.

Jika ada kesalahan penulisan, salah ketik, atau juga kurang tepat dalam penulisannya, beritahu kami melalui komentar atau jika berkenan untuk menghubungi kami melalui halaman contact.


Adhi Wijaya avatar

Bukan blogger tapi ngeblog, bukan programmer tapi suka utak-atik koding.

Support Me
Comment: