Biaya membuat blog itu berbeda-beda, tergantung dengan cara apa kamu membuatnya. kamu bebas memilih, bisa gratis, berbayar tapi dengan biaya yang murah, atau berbayar dengan biaya yang cukup mahal. Postingan ini setidaknya hampir sama isinya dengan artikel sebelumnya yang membahas berapa biaya untuk membuat website. hanya saja ini versi yang saya pakai berdasarkan pengalaman dan realita ketika saya membuat blog Adhiwijaya.id ini.

kalau kamu bertanya berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuat blog ini, jawabanya cukup murah. hanya sekitar 250 ribu pertahunnya, murah kan? biaya itu hanya untuk membayar domain saja, sisanya memanfaatkan layanan gratis yang tersedia.

setidaknya ada beberapa hal pokok yang dibutuhkan saat membuat blog.

  1. Domain
  2. Hosting
  3. Platform
  4. Tema
  5. Plugin
  6. Alat tambahan lain

oke mari kita bahas biaya membuat blog ini.

Domain #

saya membeli domain di Rumahweb, salah satu registrar domain dan penyedia hosting yang cukup terkenal dan terpercaya. harga domain juga bervariasi, tergantung ekstensi yang akan kamu gunakan. misalnya .com, .net, .org, .id atau yang lainnya. tidak ada ketentuan dalam pemilihan domain, kamu bebas memilih, dan disini saya menggunakan domain .id. Domain tingkat atas untuk negara Indonesia. Alasannya? simpel, hargai apapun itu yg merupakan produk dalam negeri. harga domain .id itu berkisar 250-300 ribu rupiah. untuk tahun pertama biasanya sedikit murah, di Rumahweb domain .id tahun pertama itu sekitar 220 ribu rupiah dan perpanjangan sekitar 250 ribu rupiah.

Hosting #

hosting disini saya tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Blog ini ditenagai oleh Static Site Generator atau pembuat situs statis Hugo, jadi saya menghosting blog ini di Github secara gratis yang kemudian saya deploy menggunakan Netlify yang juga gratis. Agar lebih powerful memang disarankan menyewa hosting, hanya saja hosting di Indonesia jarang ada yang mendukung untuk keperluan SSG secara praktis.

Theme #

theme yang saya gunakan juga gratis. saya menggunakan theme personal site yang dibuat oleh wisnuwiry. bisa kamu download di repository githubnya secara gratis. Theme hugo tersedia gratis di situsnya gohugo.io dan beberapa situs pihak ketiga juga menyediakan theme hugo secara gratis. Jika mau beli pun sah-sah saja, tapi saya malas mengeluarkan biaya lagi wkwkw..

Platform #

Untuk platform Saya menggunakan Hugo Static Site Generator yang menggunakan bahasa pemrograman Go. ini Perlu diinstal di komputer kita, untuk panduannya bisa dilihat di situs resmi gohugo.io atau besok akan saya buatkan panduannya.

Plugin #

Saya tidak menggunakan plugin apapun, lihat saja betapa sederhananya blog ini wkwkw..

Alat tambahan lain #

Saya juga tidak menggunakan ini. Whois sudah disediakan, SSL juga gratis dari netlify. pokoknya saya suka yang gratis tapi powerful haha..

Kesimpulan #

Kesimpulannya, saya membuat blog ini hanya mengeluarkan biaya untuk pembelian domain seharga 250an ribu rupiah pertahun, itu merupakan biaya yang sangat murah sekali.

mungkin itu saja mengenai pembahasan biaya saya dalam membuat blog ini. terima kasih telah membaca.


Jika ada kesalahan penulisan, salah ketik, atau juga kurang tepat dalam penulisannya, beritahu kami melalui komentar atau jika berkenan untuk menghubungi kami melalui halaman contact.


Adhi Wijaya avatar

Bukan blogger tapi ngeblog, bukan programmer tapi suka utak-atik koding.

Support Me
Comment: