Jika kamu bertanya berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat website? jawabannya bisa bervariasi. bisa gratis, bisa murah, bahkan bisa mahal. semua bergantung dengan cara yang dipakai untuk membuat website itu sendiri.

Sebelum membuat website, setidaknya ada beberapa hal yang dibutuhkan untuk membuat website

  • Domain
  • Hosting
  • Platform
  • Tema
  • Plugin
  • Alat tambahan lainnya

semua itu sebenarnya bersifat opsional tapi untuk terlihat professional, penggunaan domain dan hosting juga platform sangat disarankan. untuk lainnya juga disarankan tapi bersifat opsional. boleh digunakan boleh tidak.

baik mari kita bahas

Domain #

harga domain beragam, tergantung pilihan kamu mau menggunakan domain dengan ekstensi apa. .com, .net, .org, .id atau yang lainnya. bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan penggunaan.

setiap registrar atau penyedia domain terkadang juga menawarkan harga yang berbeda meskipun tidak terpaut jauh. kebanyakan biasanya hanya karena sedang promo atau untuk sekedar persaingan harga.

Hosting #

harga hosting untuk setiap penyedia layanan juga berbeda. biasanya kisaran puluhan ribu rupiah sampai ratusan ribu bahkan jutaan setiap bulannya.

penyedia hosting biasanya menawarkan layanannya dalam bentuk paket dan jenis hosting. jadi biaya hosting tergantung dari paket dan jenis hosting yang kamu pakai. ada share hosting, wordpress hosting, cloudserver, dedicated server, maupun vps. itu juga masih tergantung dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Platform #

sebenarnya wajib jika kamu tidak bisa ngoding sendiri dan harus memakai platform pembuat website. ada banyak platform yang bisa dicoba.

kalau ingin menggunakan cms yang gratis misalnya blogger, wordpress.com, wix, weebly, dll. Jika kamu menggunakan platform gratis ini, membeli domain bisa menjadi bersifat opsional dan hosting jadi tidak wajib.

untuk cms berbayar seperti wordpress.org, joomla, drupal, ghost, dll. jika berbayar, domain dan hosting jelas bersifat wajib menggunakan.

selain menggunakan cms, bisa juga menggunakan static site generator atau pembuat situs statis yang lebih dikenal dengan ssg seperti gatsby, hugo, jekyll, eleventy, nextjs, astro, vuepress, dll. kalau menggunakan ssg, domain maupun hosting juga bersifat opsional.

Tema #

tema bersifat opsional, kamu bisa cari tema gratis yang disediakan maupun download dari penyedia tema lain, beli juga lebih baik jika punya dana lebih, bahkan buat sendiri lebih bagus jika bisa ngoding.

harga tema juga bervariasi, tergantung fitur yang diberikan dan support yang ditawarkan. carilah tema yang sesuai kebutuhan dan memiliki review yang bagus.

Plugin #

plugin juga bersifat opsional, jangan gunakan jika memang tidak perlu atau gunakan versi gratis jika memang perlu tapi keterbatasan biaya, dan gunakan versi berbayar jika memang membutuhkan fungsionalitas yang lebih.

Alat tambahan lain #

alat tambahan lain bisa berupa ssl/wsl, whois protection, dll. ini bisa juga opsional karena terkadang penyedia layanan domain dan hosting beberapa sudah ada yang memberikan secara gratis atau jadi satu paket dengan layanannya.

kesimpulannya, biaya untuk membuat website itu bisa beragam. jika disimpulkan berarti seperti ini.

  • gratis
  • murah berkisar ratusan ribu pertahun
  • mahal berkisar jutaan setahun

yah mungkin itu kesimpulan dari pembahasan kali ini. terima kasih telah membaca.


Jika ada kesalahan penulisan, salah ketik, atau juga kurang tepat dalam penulisannya, beritahu kami melalui komentar atau jika berkenan untuk menghubungi kami melalui halaman contact.


Adhi Wijaya avatar

Bukan blogger tapi ngeblog, bukan programmer tapi suka utak-atik koding.

Support Me
Comment: