Beberapa waktu yang lalu saya menemukan sebuah pertanyaan dari member grup Blogger Indonesia di Facebook, yang mengalami masalah saat submit sitemap atau peta situs. Dimana saat melakukan submit sitemap terdapat peringatan “Couldn’t Fetch” jika diterjemahkan berarti tidak dapat mengambil peta situs . Dan ternyata masalah ini tidak hanya dialami oleh satu orang saja, tapi banyak. Banyak asumsi bermunculan alasan eror karena domainnya, templatenya, hingga menyalahkan platformnya. Meskipun bukan ahli saya jadi merasa terpanggil untuk ikut mencari solusinya.

Sitemap Couldn’t Fetch

Mencari Solusi #

Pertama saya mencoba membuka Google Search Console saya dan coba melakukan submit sitemap dan ternyata bisa. Karena saya ngeblog menggunakan Hugo dan tidak pernah mengalami kendala, saya berasumsi mungkin ada bug di blogger atau template yang digunakan. berikutnya saya mencoba membuat blog baru dengan custom domain dan tema premium yang terbarukan, untuk memastikan kebenaran permasalahan itu. Dan saat mencoba ternyata benar, saat melakukan submit sitemap terdapat notifikasi “Couldn’t Fetch”.

Tidak dapat mengambil peta situs

Saya mencoba utak-atik submit dengan cara berbeda, tapi hasilnya tetap nihil. Karena tidak berhasil, kemudian saya mencoba browsing cara mengatasi hal tersebut. Tapi diantara banyak cara yang dilakukan, hasilnya tetap tidak membuahkan hasil.

Sampai akhirnya saya membaca dokumen-dokumen dan forum dari situs Google terkait peta situs. Ternyata dari pendapat para ahli memang terdapat bug di Google Bot, dan disarankan menungggu Google Bot melakukan Crawl sendiri ke situs kita.

Coba Cara Lain #

Dirasa tidak membuahkan hasil, saya teringat sebuah tutorial untuk membuat halaman sitemap otomatis di blogger dengan cara yang mirip dalam menerapkan pengambilan rss feed yang kemudian saya terapkan untuk melakukan submit sitemap lagi.

Jika pada umumnya submit sitemap di Google Search Console dengan mengetikkan

1
https://namadomain.com/sitemap.xml

Saya ganti cara dengan mengetikkan

1
https://domainanda.com/sitemap.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Dan Viola… berhasil ๐Ÿ˜…

Sitemap berhasil disubmit

Peringatan pada sitemap “Couldn’t Fetch” sudah tidak muncul, berganti dengan tulisan “Success”. Yang berarti sitemap sudah berhasil disubmit ke Google Bot agar di Crawl.

Yah mungkin ini alternatif cara yang bisa dicoba untuk submit sitemap sementara waktu sampai bug Google Bot benar-benar diperbaiki. Atau jika ada cara lain bisa coba share dikomentar.


Jika ada kesalahan penulisan, salah ketik, atau juga kurang tepat dalam penulisannya, beritahu kami melalui komentar atau jika berkenan untuk menghubungi kami melalui halaman contact.


Adhi Wijaya avatar

Bukan blogger tapi ngeblog, bukan programmer tapi suka utak-atik koding.

Support Me
Comment: