Suatu penelitian menunjukkan, organisasi yang benar-benar melibatkan karyawannya dalam program CSR cenderung mampu: menarik SDM berkualitas yang mau bergabung dengan perusahaan yang bertanggung jawab; mempertahankan SDM berkualitas sekaligus meningkatkan kesetiaann karyawan; tingkat keabsenan karyawan lebih rendah dengan meningkatkan tingkat engagement sesama karyawan; berinovasi lebih untuk memperoleh keuntungan yang kompetitif dimana karyawan adalah sumber ide untuk keberlanjutan; dan mampu menjaga reputasi sekaligus branding perusahaan, dalam hal ini karyawan merupakan touch point yangmencerminkan budaya perusahaan kepada konsumen, mitra bisnis, dan masyarakat.

Jika dikaitkan dengan CSR, setidaknya ada tujuh kunci penting yang perlu diperhatikan perusahaan untuk meningkatkan engagement karyawan melalui program CSR:

dukungan top management #

Agar program CSR benar-benar tertanam dalam suatu perusahaan, dukungan manajemen teratas sangat penting. Misalnya dengan membentuk struktur formal seperti divisi program CSR yang berfungsi untuk mengaktifkan sinergi antara manajemen teratas dengan tim penasihat.

menciptakan kesepahaman tentang CSR #

CSR bisa berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Kunci kesalahpahamannya adalah jika CSR diartikan sebatas tentang memberikan sedekah atau filantropi. Oleh karena itu, baik top management maupun manajer CSR harus benar-benar paham konsep seperti ISO 26000 yang merupakan pedoman kegiatan amal perusahaan agar semakin bertanggung jawab secara lingkungan, sosial dan secara etika. Hal ini akan membantu menciptakan kesepahaman tentang arti CSR bagi perusahaan.

menyelaraskan CSR dengan HRR #

Fungsi Human Resources (HR) bisa digabungkan sebagai sosok pendukung baik untuk CSR hingga ke seluruh organisasi. HR juga dapat diselaraskan dengan target perusahaan yang berkesinambungan dalam beberapa area, seperti menetapkan kode etik karyawan; perekrutan SDM; orientasi, pelatihan, dan pengembangan karyawan; menghubungkan kinerja berkelanjutan untuk penilaian; memperoleh feedback dari karyawan untuk mendapat inisiatif yang berkesinambungan; dan melakukan wawancara keluar untuk mengukur persepsi nilai CSR yang dilakukan perusahaan.

komunikasi dan edukasi #

Komunikasi dan edukasi tentang CSR adalah sebuah proses yang terus menerus bagi karyawan. Penting untuk melibatkan dan mengajak mereka ke level yang lebih lanjut, misalnya mulai dari yang tadinya tidak peduli terhadap pesan CSR, menjadi peduli, lalu pemahaman mereka jadi meningkat, lalu jadi percaya dan mau berkomitmen untuk beraksi.

menciptakan ‘green’ office #

Saat perusahaan sudah lebih maju dalam hal operasional, pabrik, proses, dan sudah memiliki rantai pasokan secara eksternal, hal ini bisa berarti ‘di luar perkiraan’ dan di luar dugaan’ bagi banyak karyawan. Sebuah kantor ‘hijau’ adalah cara yang tepat untuk mendemonstrasikan praktik CSR di tiga area. Pertama, untuk konservasi sumber daya dalam mengurangi emisi karbon, misalnya dalam penggunaan energi, air, kertas, dan udara. Kedua, mendukung kebiasaan pribadi yang ditunjukkan karyawan dalam kehidupan pribadi mereka sehari-hari. Ketiga, mendesain ruang kantor dan menetapkan kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas fisik, mental dan emosional karyawan.

melakukan aksi amal #

CSR sering disalahartikan sebagai filantrofi atau aksi amal. Sama pentingnya ketika strategi yang dibuat perusahaan akan masuk akal jika dampak lingkungan dan sosial dari kegiatan intinya dapat tercapai. Perusahaan yang benar-benar mendukung aksi amal diyakini akan menciptakan engagement dan retensi karyawan yang lebih tinggi. Artinya, ada banyak manfaat ketika perusahaan benar-benar mendukung CSR.

stakeholder engagement #

Karyawan adalah touchpoint penting bagi sejumlah stakeholder, baik interaksi dengan para investor, rantai pasokan, konsumen, LSM, komunitas, masyarakat (termasuk keluarga dan kerabat karyawan), media, dan lainnya. Budaya perusahaan yang berorientasi ke CSR akan sangat membantu terutama dalam merespon ketika krisis. Hal tersebut juga akan memudahkan perusahaan memperoleh keunggulan kompetitif, khususnya ketika karyawan dibimbing untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mitra bisnis, LSM, dan masyarakat. Selain itu, juga bisa memahami dimana letak kebutuhan stakeholder.

Artikel Permasalahan CSR di Tempat Kerja #

Pencegahan terjadinya pelecehan seksual. #

Masalah lain di tempat kerja adalah seksual (sexual harassment), yang melibatkan komentar atau tindakan yang bersifat seksual tidak di terima. Perusahaan cenderung mencegah pelecehan seksual dengan memberikan seminar mengenai hal tersebut. Misalnya, seorang karyawan mungkin akan membuat suatu paksaan seksual terhadap karyawan lain dan menggunakan kepuasaan pribadi dalam perusahaan untuk menakuti status pekerjaan lain.

Seperti, seminar deversitas. Seminar ini dapat menolong karyawan menyadari bagaimana suatu pernyataan atau perilaku mungkin dapat menyinggung perasaan karyawan lain. Seminar ini tidak hanya suatu tindakan tanggung jawab terhadap karyawan tetapi juga dapat memperbaiki produktivitas perusahaan dengan menolong karyawan merasa kerasan dan nyaman. Melalui program Community Volunteering, perusahaan mendukung serta mendorong para karyawan, para pemegang franchise atau rekan pedagang eceran untuk menyisihkan waktu mereka secara sukarela guna membantu organisasi-organisasi masyarakat lokal maupun masyarakat yang menjadi sasaran program.

Salah satu contoh Community Volunteering adalah sebagaimana program Astra Employee Volunteer, yaitu kegiatan CSR dengan melibatkan karyawan. Tepatnya pada tanggal 20 Oktober 2010, 68 orang karyawan PT Astra International Tbk Head Office, melakukan bedah sekolah dan mengajar selama 1 hari kepada siswa dan siswi SD SMP Remaja Kelurahan Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Shell Oil Company, melibatkan ribuan karyawan, pensiunan dan keluarga setiap tahunnya untuk terlibat dalam kegiatan pembersihan pantai yang tercemar di area operasi Shell Oil Company. Keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan melalui kegiatan Community Volunteering, adalah terciptanya hubungan yang tulus antara perusahaan dengan komunitas, memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan serta meningkatkan kepuasan dan motivasi karyawan.


Jika ada kesalahan penulisan, salah ketik, atau juga kurang tepat dalam penulisannya, beritahu kami melalui komentar atau jika berkenan untuk menghubungi kami melalui halaman contact.


Adhi Wijaya avatar

Bukan blogger tapi ngeblog, bukan programmer tapi suka utak-atik koding.

Support Me
Comment: